PERBEDAAN UANG DAN MATA UANG

UANG VS MATA UANG

Kekayaan sesungguhnya adalah waktu dan kebebasan kita

"Kekayaan yang sesungguhnya adalah waktu dan kebebasan kita. Uang hanyalah alat untuk menukar waktu dan kebebasan kita. Uang adalah wadah untuk menyimpan energi ekonomi kita sampai kita siap untuk menggunakannya. Tapi seluruh dunia sudah dibelokkan dari uang sungguhan dan sudah ditipu oleh mata uang, yaitu benda tipuan yang secara diam diam mencuri dua aset kita yang paling berharga, yaitu waktu dan kebebasan kita".
"Welcome to the rabbit hole"


Halo kawan kawan semua, pada tulisan pertama ini, saya ingin mencoba berbagi dan berdiskusi dengan pembaca mengenai perbedaan uang dan mata uang. Sumber dari tulisan ini akan saya cantumkan di akhir tulisan saya. Saya sadar dengan ketidaksempurnaan tulisan ini, dan saya akan sangat senang untuk mendapat kritik dan saran ataupun ajakan untuk berdiskusi tentang tulisan ini.



Rahasia tersembunyi dari uang.
Beberapa dari rahasia itu ada yang tersembunyi dari penglihatan dan pengetahuan kita, sebenarnya rahasia itu memang ada di depan kita. Yaitu tentang cara kerja dari sistem moneter adalah sesuatu yang sebenarnya tidak disembunyikan dari kita semua, tapi kebanyakan dari kita belum bisa melihat dan memahami bagaimana cara kerjanya.

Mungkin sulit bagi kita untuk percaya bahwa saat ini kita hidup dalam sebuah kebohongan. Banyak yang dirahasiakan, tapi secara perlahan kebenaran akan terungkap. Seperti contohnya bahwa Federal Reserve sebenarnya adalah perusahaan swasta dan bukannya bagian dari pemerintahan AS.

Tapi saat saya mulai mempelajari tentang ini, yang saya temukan adalah bahwa tidak ada tempat yang bisa saya tunjukkan kepada orang orang di mana mereka bisa mendapatkan semuanya dalam satu wadah. Ada banyak asap dan cermin di ekonomi. Dan lewat tulisan ini, saya mencoba untuk  belajar dan membagikannya kepada teman teman pembaca semua.



Sejarah Kehadiran Uang
Kurang lebih sekitar 5000 tahun yang lalu, orang-orang Mesir mulai menggunakan emas dan perak sebagai bentuk mata uang pertama mereka. Tapi itu masih belum disebut uang. Emas dan perak yang mereka gunakan masih bermacam macam bentuk dan ukuran juga kemurniannya, sehingga belum bisa  dipertukarkan di mana masing-masing unit sama seperti yang lainnya. Ini berarti belum ada yang benar benar mempunyai "harga". Mereka belum bisa menaruh "harga" dari begitu banyak macam emas dan perak pada suatu barang ataupun jasa karena mereka masih belum memiliki koin. Perdagangan masih sulit, masih berupa "permainan tebak-tebakan" dalam hal "pertukaran nilai".



"Salah satu dari banyak penyebab kita berada pada kekacauan finansial dunia hari ini adalah karena banyak dari kita yang belum memahami perbedaan antara uang dan mata uang".



Perbedaan Mata Uang dan Uang
Mata uang yang ada dalam dompet kita adalah media pertukaran, satuan hitung (karena terdapat angka padanya), tahan lama, portabel, bisa dibagi(yang lebih kecil ataupun lebih besar), dan juga sepadan. Sepadan berarti setiap unit sama dengan unit yang lain, contohnya adalah Lima Ribu Rupiahku bisa membeli sama banyak dengan Lima Ribu Rupiah teman teman (Lima Ribu Rupiah-ku = Lima Ribu Rupiah-mu).


Tapi karena pemerintah dapat mencetak lebih dan lebih banyak lagi sehingga memperbanyak suplai mata uang,  maka ini berarti mentransfer kekayaan yang ada di dompet kita, di rekening bank kita kepada pemerintah dan sistem perbankan. Dan ini menjadikan mata uang tidak mampu menjaga nilai dan daya belinya dalam rentang waktu yang lama.


Mata Uang USD sudah kehilangan lebih dari 90% daya belinya sejak 1913 hingga saat ini

"Bahkan mungkin banyak dari perencana keuangan, bankers, dan akuntan, mereka tidak memahami perbedaan antara uang dengan mata uang".

Sedangkan uang adalah semua yang disebutkan pada mata uang, ditambah uang adalah penyimpan nilai dalam periode waktu yang lama.


Salah satu syarat uang adalah dia mampu menjaga nilainya untuk periode waktu yang lama

Alasan kenapa emas dan perak merupakan bentuk optimal dari uang adalah karena karakteristikya. Emas dan perak adalah media pertukaran yang mudah karena emas dan perak mampu menyimpan "nilai" yang besar pada area yang begitu kecil. Emas dan perak juga merupakan satuan hitung, karena emas dan perak murni mempunyai nilai yang sama di seluruh dunia. Jadi 1 ounce emas dan perak di Mesir mampu membeli jumlah yang sama banyak baik di China ataupun di AS. Emas dan perak juga tahan lama, emas dan perak yang digunakan oleh orang-orang mesir pada perdangan sekitar 5000 tahun yang lalu masih di sini bersama kita hari ini, mereka tidak berkorosi/berkarat. Emas dan perak juga bisa dibagi, kita bisa membuat pertukaran(yang lebih kecil ataupun lebih besar) dengannya. Emas dan perak juga sangat portabel. Emas dan perak juga sepadan, artinya emas dan perak semua sama di seluruh dunia. Jumlah emas dan perak terbatas, dan ini adalah alasan kenapa emas dan perak bisa menjaga nilai dan daya belinya. Pemerintah tidak dapat mencetaknya.

Selama 5000 tahun terakhir, hanya emas dan perak yang mampu menjaga daya belinya. Telah begitu banyak mata uang kertas yang tidak dijamin oleh emas atau perak dan mereka semua selalu hancur ke nalai intrinsiknya yaitu nol. Mata Uang fiat adalah 100% kegagalan.


Uang komoditas terbukti mampu menjaga nilai dan daya belinya

"Uang haruslah sebuah penyimpan nilai dan mampu menjaga daya belinya dalam periode waktu yang lama".

Kita juga bisa menggunakan sesuatu yang lain seperti minyak sebagai uang. Hanya saja kita tidak bisa kemana mana dengan membawa barel minyak di punggung kita. 

Dari sini kita belajar bahwa "mata uang nasional adalah alat yang digunakan oleh pemerintah dan sektor finansial untuk mencuri waktu dan kebebasan kita dengan cara mencuri daya beli kita. Mata uang tidak mampu menjaga energi ekonomi kita karena nilainya yang terus menyusut".

Sumber : Mike Maloney - Hidden Secrets of Money

Komentar